kampung warna warni jodipan malang

Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Diposting pada

Kampung warna warni Jodipan merupakan salah satu wisata Kota Malang yang spektakuler. Kampung Jodipan terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Terletak di di bawah jembatan rel kereta api, namun kampung jodipan kini lebih dikenal dengan sebutan kampung warna warni Malang atau kampung pelangi.

  • Alamat: Gang 1, Jodipan, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang.
  • Map: klik di sini
  • Jam buka/tutup: senin – minggu, jam 06.00 – 18.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,- per orang, parkir motor Rp. 2.000, parkir mobil Rp. 5.000, parkir bus pariwisata Rp. 15.000 – 25.000,

Tak hanya sering muncul pelangi di kampung tersebut, namun karena ada ratusan rumah penduduk di kampung yang dicat dengan berbagai warna yang menarik. Pada umumnya rumah hanya dicat dindingnya saja, namun di kampung warna warni Jodipan ini, Anda dapat menyaksikan rumah serta atap dan jalanannya juga turut dicat dengan warna-warna yang mencolok. Jika dilihat sekilas, lebih mirip perkampungan di negara Brazil.

Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Dulunya kawasan kampung Jodipan Malang adalah sebuah kampung kumuh yang telah berubah menjadi kampung warna warni Malang serta menjadi kampung wisata Kota Malang yang siap dikunjungi para wisatawan setiap minggunya. Ada banyak spot foto menarik yang dapat dijadikan latar selfie, diantaranya yaitu:

  1. Lorong payung, lorong di depan rumah warga dengan hiasan payung warna warni digantung sehingga membuat suasana teduh. Anda dapat mengambil foto di tempat payung-payung yang tampak terbang di udara.
  2. Lukisan 3D, berselfie ria dengan berbagai lukisan 3D yang keren, ada lukisan ikan hiu, harimau, gorilla, dan lainnya.
  3. Dinding warna warni, di kampung Jodipan terdapat dinding yang dicat dengan warna berbeda sehingga dapat dijadikan sebagai latar selfie.
  4. Tangga warna warni, karena kondisi tanah di kampung warna warni Malang yang tidak rata, sehingga ada banyak anak tangga di kampung. Anda dapat berfoto di anak tangga yang berwarna ini.
  5. Jembatan kaca, ada sebuah jembatan kaca yang mirip dengan jembatan gantung di Cina. Meskipun ukurannya kecil, namun jembatan itu dapat dijadikan sebagai lokasi foto unik. Jembatan kaca tersebut juga berfungsi sebagai penghubung kampung warna warni Jodipan dan kampung 3D.

Jika Anda sudah lelah berkeliling kampung warna warni Malang, jangan khawatir jika kehausan dan kelaparan karena di kampung wisata Jodipan ini juga ada banyak warung. Perlu diingat, selalu buang sampah pada tempatnya.

Asal Mula Kampung Warna Warni Malang

Kampung warna warni Malang berawal dari pengerjaan tugas praktikum yang dilakukan mahasiswi program studi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bernama Nabila Virdausiyah bersama teman sekelompoknya yang terdiri 7 orang. Mereka memiliki ide brilian untuk menjadikan kawasan kumuh itu menjadi penuh warna dan lebih cerah.

Nabila bercerita “meskipun wilayah ini tampak kumuh, namun banyak spot bagus untuk berselfie karena tepat berada di samping jembatan jalur utama dekat sungai brantas, sehingga mereka ingin bergabung untuk membranding Malang menjadi kota kreatif. Kemudian mereka mencari cara mendapatkan sponsor untuk membuat kawasan kumuh tersebut menjadi lebih baik.

Perempuan yang menjadi kepala proyek memberitahukan bahwa kegiatan itu mendapat dukungan penuh dari perusahaan cat di Kota Malang yaitu Indana Paint. Perusahaan itu menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mengerjakan proyek “Decofresh Warnai Jodipan”. Untuk pengecatan, dilakukan oleh banyak pihak, mulai dari warga setempat, TNI, dan Polri. Pengerjaannya membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya.

Dulunya tempat ini merupakan pemukiman kumuh yang kini telah disulap menjadi kampung warna warni Jodipan Malang. Mulai dari atap rumah, tiang, dinding hingga tangga di jalanan kampung ikut dicat. Proyek tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk membuat Kota Malang menjadi area yang bersih dan indah. Mereka dari pihak perusahaan menjadi pendukung proyek agar Jodipan tidak tampak kumuh lagi agar tampak lebih bagus dan berwarna.

Dengan adanya wisatawan yang berkunjung ke kampung Jodipan dapat mengubah perilaku warga setempat. Para warga kini membuat tempat sampah untuk menampung sampah warga dan para wisatawan. Tak hanya kepedulian sanitasi yang semakin meningkat, semakin banyak wisatawan yang datang memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar karena para warga juga berjualan makanan dan minuman serta mengelola area parkir kendaraan.

Lokasi Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Bagi kalian yang penasaran untuk berkunjung ke kampung Jodipan Malang, maka langsung saja ke lokasinya. Cukup mudah untuk datang ke wisata Kota Malang yang satu ini. Kampung warna warni Malang ini termasuk salah satu wisata dekat stasiun Kota Malang. Lokasi kampung wisata Jodipan Malang berada di Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Tepatnya di bawah jembatan rel kereta api, dan pasar loak.

Apabila Anda berada di alun-alun Malang, maka jarak menuju kampung Jodipan sekitar 2 km saja, Anda dapat bertanya ke warga setempat di sekitar alun-alun. Tentu Anda akan ditunjukkan arah menuju kampung tersebut. Alternatif lainnya, Anda dapat melihat lokasi di google maps.

Bagi Anda yang menggunakan kereta api, maka lokasi tersebut hanya berjarak sekitar 500 meter dari stasiun Kota Baru. Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek online dari stasiun Kota Malang. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, maka lebih baik naik angkutan umum Kota Malang dengan kode ABG/ABH, AJG/AJH, MT. Angkutan tersebut selalu melewati jembatan brantas. Lebih mudah lagi menuju ke wisata ini menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Ada berbagai fasilitas di kampung warna warni Jodipan, seperti pedagang makanan dan minuman, tempat parkir, kios-kios, toilet, dan musolla di area lokasi wisata tersebut. Harga tiket masuk kampung Jodipan yaitu Rp. 3.000, per orang. Tiket berbentuk stiker cukup menarik. Untuk kendaraan pribadi, ada biaya parkir sebesar 2.000 untuk motor, dan 5.000 untuk mobil.

Gambar Kampung Warna Warni Malang

Adapun berbagai gambar kampung warna warni Malang dapat dilihat sebagai berikut.

kampung warna warni Jodipan
@adlynndiyana
kampung warna warni malang
@joelfriendy
kampung warna warni jodipan malang - wisata kota malang
@cak.iswara

Wisata Dekat Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Seperti yang diketahui, ada banyak wisata di Kota Malang. Adapun beberapa wisata dekat kampung warna warni Malang adalah sebagai berikut.

  1. Alun-alun tugu Malang
  2. Lapangan rampal Malang
  3. Alun-alun Kota Malang
  4. Kampung biru arema
  5. Taman trunojoyo Kota Malang

Demikian ulasan kampung warna warni Jodipan Malang. Bagi kalian yang berkunjung ke Kota Malang, maka sempatkan untuk datang ke kampung warna warni Malang ini. Ada banyak spot foto unik yang menjadi langganan selfie setiap pengunjung. Wisata Kota Malang yang satu ini merupakan tempat yang cocok buat Anda pemburu foto yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *