museum brawijaya malang

Museum Brawijaya Malang, Ulasan Lengkap

Diposting pada

Museum Brawijaya Malang merupakan tempat menyimpan barang unik yang memiliki nilai sejarah bangsa. Sebagai penduduk Malang, Anda tentu pernah berkunjung ke museum brawijaya ini, apalagi jika Anda tinggal di Kota Malang. Lokasinya yang strategis membuat museum ini banyak dikunjungi wisatawan.

  • Alamat: Jalan Ijen, No. 25, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
  • Map: klik di sini
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000,-/orang
  • Jam buka/tutup: Senin – minggu, 08.00 – 15.00

Setiap hari minggu biasanya ada car free day di Jalan Ijen. Nah, di lokasi jalan tersebut juga termasuk lokasi dari museum brawijaya Malang. Tak heran banyak pengunjung yang datang ke museum ini pada hari minggu untuk melihat sejarah yang ditinggalkan.

Museum memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu dapat menambah wawasan tentang informasi sejarah serta dapat menambah rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Salah satu museum yang terkenal di Malang yaitu Museum Brawijaya Kota Malang.

Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya adalah museum perjuangan dimana terdapat koleksi benda bersejarah hasil perjuangan rakyat Indonesia pada masa agresi militer Belanda 1 dan 2 di Malang dan sekitarnya. Museum ini terkenal dengan gerbong maut dan termasuk museum angkatan bersenjata terlengkap di Kota Malang. Oleh karena itu, berkunjung ke museum Kota Malang ini sangat tepat untuk mengetahui kondisi perang para penjuang Indonesia.

Koleksi Museum Brawijaya

Di museum brawijaya Malang, ada beberapa ruangan dimana ruangan itu dijadikan sebagai tempat penyimpanan koleksi benda sejarah. Pada halaman depan ada taman senjata “Agne Yastra Loka”. Agne yang berarti api dan Yaska berarti senjata, sedangkan Loka memiliki arti taman, sehingga jika digabungkan memiliki arti sebagai taman senjata api revolusi 1945.

Berbagai benda di halaman depan museum ini cukup menari masyarakat. Ada sebuah tank buatan Jepang yang dulunya dirampas arek-arek Suroboyo. Lalu tank tersebut digunakan melawan sekutu pada tanggal 10 november 1945.

Ada senjata penangkis serangan hawa milik Jepang yang dirampas pemuda BKR dalam pertempuran di bulan september 1945. Senjata tersebut digunakan untuk menjaga kemerdekaan Indonesia dari serangan sekutu atau Belanda. Dengan senjata tersebut, dapat menjatuhkan dua pesawat tempur Belanda saat perang di Bangkalan.

Terdapat meriam 3,7 inch dari hasil rampasan perang Belanda dan dinamakan dengan si buang. Selain itu, ada juga tank amfibi AM track serta patung jenderal soedirman. Tank amfibi track digunakan tentara Belanda untuk menempati Kota Malang pada perang kemerdekaan 1, namun usaha Belanda itu mendapat perlawanan dari pasukan tentara republik Indonesia Pelajar.

Selanjutnya di ruang lobi yang terletak di antara ruang koleksi 1 dan ruang koleksi 2, terdapat dua relief dan perangkat lambang kodam TNI AD di Indonesia. Relief pertama terdapat di sebelah selatan yang menggambarkan kekuasaan majapahit. Di relief itu ada pahatan perahu hongi sebagai lambang armada laut kuat dan ada pahatan Raden Wijaya berbentuk harihara. Sedangkan relief kedua yaitu relief utara, dengan gambar daerah tugasan yang pernah dikunjungi pasukan Brawijaya untuk menegakkan kemerdekaan Indonesia.

Ruangan Koleksi 1 dan 2 Museum Brawijaya Malang

Ada juga ruangan koleksi 1, dimana ruangan tersebut menampakkan koleksi perang pada tahun 1945-1949. Dalam ruangan tersebut terdapat koleksi foto panglima kodam Jawa Timur dari tahun 1945 hingga sekarang, ada lukisan baju para pejuang, pedang samurai, burung merpati pos, termos tempurung kelapa, lukisan pertempuran surabaya, radio, peta kemerdekaan 1 dan 2, peta pendudukan musuh, alat kesehatan, dan sebagainya.

Sedangkan di ruang koleksi 2 terdapat benda koleksi tahun 1950-1976. Koleksi benda tersebut seperti peta Kota Malang dan perkembangannya, serta foto walikota Malang, senjata rampasan, alat musik, meriam, bejana besi, bendera Portugal, dan batu untuk membunuh pemimpin PKI dan benda lainnya pada masa itu.

Ada juga perpustakaan tempat koleksi profil dan dokumen perjuangan TNI, karya umum, laporan, dan buku literatur yang berhubungan dengan pengabdian terhadap Indonesia. Tak hanya ruangan itu saja yang ada di museum Brawijaya Malang. Di ruang tengah yang terbuka terdapat dua koleksi yaitu gerbong maut dan perahu segigir.

Anda dapat mengambil gambar dan mendokumentasikan koleksi langka di Museum Brawijaya ini. Setelah puas berkeliling museum tersebut, Anda dapat bersantai sambil menikmati jalur hijau dengan pohon yang rindang di dekat museum.

Harga Tiket Masuk Museum Brawijaya

Adapun harga tiket masuk museum brawijaya sangat murah. Cukup dengan membayar 3000 rupiah, Anda dapat berkeliling melihat koleksi sejarah di museum Kota Malang ini. Jadwal buka museum ini setiap hari pada jam 08.00-14.30 WIB. Pada hari sabtu dan minggu, museum tutup lebih awal yaitu pukul 13.00 WIB.

Lokasi Museum Brawijaya Malang

Bagi Anda yang ingin melihat secara langsung koleksi benda di museum brawijaya, maka langsung saja datang ke wisata Kota Malang ini. Lokasi museum brawijaya Malang terletak di Jalan Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.

Untuk mencapai museum brawijaya, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Apabila Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda dapat naik angkutan dengan kode AL atau ADL dari stasiun kota baru, maka langsung turun di depan museum brawijaya karena letaknya berada di sisi jalan raya sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi museum.

Gambar Museum Brawijaya

Adapun beberapa gambar museum Kota Malang ini diantaranya yaitu.

museum brawijaya malang - wisata kota malang
@septinhelis
museum brawijaya - museum kota malang
@adhityaqh
museum brawijaya Kota Malang
@lostinmalang_id

Demikian ulasan museum brawijaya Malang. Jika Anda penasaran dengan berbagai koleksi benda sejarah di Kota Malang, maka dapat langsung berkunjung ke museum brawijaya. Di tempat wisata Malang ini, ada banyak peninggalan jaman dulu untuk mempelajari semangat perjuangan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *